0

Sambut Kedatangan Kanwil Ustadz Jamil : “Monitoring dan Evaluasi Kelengkapan Administrasi Madrasah"

Ibnuaqil.ponpes.id • Dipublikasikan pada 13 Desember 2024, 07:57 AM
Safitri Silalahi, S.Km
Moderator
Headline
Preview

Medan, Ponpes Ibnu Aqil. Id Kamis, 12 Desember 2024 Kanwil berkunjung ke Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Ibnu Aqil Medan. Daam kunjungannya kanwil kita yaitu Ustadz Jamil disambut hangat oleh oleh Pimpinan Pondok Pesantren Tahfiz Qur’an Ibnu Aqil Kota Medan, Ustadz H. Mahmud Sholeh Zakaria, MA kemudian Kamad Aliyah Ustadz Rifi Syahputra, S.Pdi dan Ustadz Lukmanul Hakim, Lc., M.A. Selaku Kamad Tsanawiyah.

Indikator keberhasilan sekolah terutama ponpes ibnu aqil dlam menjalankan programnya dapat dilihat dari kesesuaian proses dengan apa yang direncanakan, kesesuaian dalam pencapaian tujuan, penggunaan dan pemanfaatan sumber daya yang efektif dan efesien, serta kemampuan untuk memberikan jaminn terhadap proses dan pencapaian tujuan melalui dalam satu mekanisme kendali yang harmonis dan mnelekat pada sistem.

Keberhasilan sebuah program dapat dilihat dari apa yang direncanakan dengan apa yang dilakukan, apakah hasil yang diperoleh berkesesuaian dengan hasil perencanaan yang dilakukan. Untuk dapat memperoleh implementasi rencanayang sesuai dengan apa yang direncanakan manajemen harus menyiapkan sebuah program yaitu monitoring, monitoring ditujukan untuk memperoleh fakta, data dan informasi tentang pelaksanaan program. apakah proses pelaksanaan kegiatan dilakukan seusai dengan apa yang telah direncakan.

https://firebasestorage.googleapis.com/v0/b/ppna-management.appspot.com/o/WEBSITE_APP%2FARTICLE%2F2024-12-13%2014%3A55%3A36_gtz1l.png?alt=media&token=07356e83-9ac8-40a8-8261-1d34a2d79f61

Monitoring dan Evaluasi (Monev) adalah bentuk pertanggungjawaban atas pelaksanaan program yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan. Tujuan Kegiatan Monitoring dan Evaluasi adalah pengukuran dan penilaiarkinerja pembinaan, sehingga dapat mencapai hasil yang diharapkan baik secara kualitas dan kuantitas dengan efektif. Pada dasarnya fokus dari monitoring dan evaluasi adalah masukan dan proses pelaksanaan sekaligus kontribusi faktor-faktorterkait terhadap hasil pembinaan. secara kualitas dan kuantitas, kerjasama, proses pengambilan keputusan dan kebijakan, advokasi dan koordinasi

Kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap pondok pesantren penting dilakukan untuk mengukur peran pendidikan yang dijalankan pesantren selama ini, di samping untuk menyesuaikan kegiatan dan program pondok pesantren dengan kebutuhan masyarakatnya. Meskipun pondok pesantren telah mengembangkan paradigma keilmuannya dengan pola manajemen pesantren sampai saat ini masih banyak kalangan menilai bahwa efektivitas pengelolaan dan manajemen pondok pesantren memiliki sejumlah persoalan.

Monev ini menjadi langkah yang penting dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di pondok pesantren. Dengan adanya monitoring dan evaluasi secara berkala, diharapkan kualitas pendidikan yang diberikan oleh pondok pesantren dapat terus ditingkatkan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Selain itu, dengan mengidentifikasi masalah secara dini, diharapkan dapat segera dilakukan perbaikan sehingga proses pendidikan berjalan lebih efektif dan efisien.

Dalam konteks pendidikan agama, pondok pesantren memiliki peran yang sangat vital dalam pembentukan karakter dan moral generasi muda. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di pondok pesantren harus terus dilakukan secara berkelanjutan. Melalui kegiatan Monev seperti ini, diharapkan akan tercipta pondok pesantren yang mampu melahirkan generasi yang berkualitas dan memiliki kompetensi yang tinggi, serta mampu berkontribusi secara positif dalam pembangunan bangsa dan negara.**

 

Medan, 13 Desember 2024

Safitri Silalahi, S.KM

 

populer lainnya

lokasi

JL. Pesantren, Link XI, Kel. Tangkahan, Kec. Medan Labuhan, Kota Medan, Sumatera Utara, Kode Pos 20525